Senin, 23 Januari 2012

Peralatan medik merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di sarana pelayanan kesehatan khususnya di Rumah Sakit. Disadari atau tidak nilai investasi yang dibutuhkan atau ditanamkan dalam pengadaan peralatan medik di Rumah Sakit  sangat besar nilainya, dengan jumlahnya yang banyak dan sangat beragam jenisnya mulai dari alat diagnostik, theraphy sampai alat laboratorium.
    Setiap tahun selalu dilakukan pembelian atau pengadaan peralatan medik baru di Rumah Sakit sehingga jumlahnya terus bertambah, sementara alat yang sekarang ini ada masih  belum bisa dikelola dengan baik, mulai dari inventarisasi (Pendataan alat), pemeliharaan, perbaikan, kalibrasi, pengadaan dan lain sebagainya. Sehingga dampaknya adalah menyulitkan bagi pihak manajemen Rumah Sakit dalam mengambil keputusan, kebijakan, perencanaan, ataupun penyusunan anggaran (RAB) yang berkaitan dengan alat medik seperti untuk kegiatan pemeliharaan, perbaikan, kalibrasi dan pengadaan alat medik.
    Oleh karena itu perlu adanya suatu kebijakan dari manajemen Rumah Sakit tentang manajemen pengelolaan peralatan medik, untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut diatas serta dalam rangka mendukung pelayanan yang prima terhadap pasien sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi dan sekaligus mendukung program Rumah Sakit dalam hal pemenuhan Akreditasi Rumah Sakit (KARS) ataupun kesesuaian mutu ISO 9001-2008.
Dalam rangka menjalankan proses manajemen pengelolaan alat medik tersebut dan agar prosesnya dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien maka perlu adanya dukungan baik dari sarana dan prasarana, berupa software maupun hardware. Dan dalam kaitannya dengan hal tersebut maka dengan ini kami memperkenalkan suatu Software Aplikasi bernama “Medical Equipment Maintenance Management Software “ atau dikenal  dengan nama (3MS ) yang mampu memenuhi segala kebutuhan Rumah Sakit dalam mengelola peralatan medik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar